Pertemuan Sel pertama Jan 2021 (4)_edited.jpg

TENTANG
KOMUNITAS BASIS

Karya ini meneladan Yesus saat Ia mengumpulkan 12 murid-murid-Nya ke dalam sebuah komunitas kecil. Dalam komunitas ini, Yesus mendampingi para murid dengan mengenal, membangun relasi, mengajar, bahkan menantang, lalu mengutus mereka. Hasilnya? 12 murid ini berakar dalam iman, bertumbuh dalam persaudaraan, dan berbuah dalam karya bagi Gereja dan sesama. Semua dimulai dari 12 murid yang dipanggil dan didampingi dalam sebuah komunitas.

APA ITU KOMUNITAS BASIS

Program pendampingan bagi Orang Muda dan Pendamping Orang Muda di Paroki, Keuskupan, Lembaga Pendidikan maupun organisasi lain sehingga menjadi sebuah komunitas murid-murid Kristus yang berkarya aktif dalam Gereja dan masyarakat.

TANTANGAN BERSAMA

Beberapa tantangan umum dalam melayani Orang Muda Katolik (OMK):

  • Kurangnya program yang efektif untuk OMK

  • Keterbatasan sumber daya mengakibatkan kurangnya visi, konsep, dan sistem pembinaan OMK yang berkelanjutan

  • Sebagian OMK merasa tidak ada yang mendampingi

  • Sebagian OMK merasa tidak dilibatkan dan diakomodasi dalam program-program Gereja

mengapa komunitas basis

Pengembangan Komunitas Basis bisa menjadi solusi terhadap tantangan di atas karena: 

Pembinaan OMK Dalam Komunitas

Pembinaan OMK dilakukan dalam komunitas kecil, dengan menyediakan sistem formasi rohani orang muda, pelatihan dan pendampingan bagi para pendamping OMK, serta modul dan materi pembinaan yang disusun seturut arahan dan dalam kerjasama dengan Komisi Kateketik KWI, Komisi Kepemudaan KWI, dan Biro Nasional Kepausan Indonesia.

Pendampingan Pendamping OMK

Salah satu aspek terpenting dalam pembinaan orang muda adalah kehadiran dan teladan iman para pendamping mereka. Maka, para pendamping ini perlu dipersiapkan dan didampingi, khususnya  terkait peran dan tanggungjawab mereka dalam berelasi, serta cara mengkomunikasikan ajaran iman Katolik secara relevan dan efektif.

Modul dan Materi yang Relevan dan Aplikatif

Gereja Katolik sangat kaya dengan ajaran iman dan moral. Domus Cordis mengolah kekayaan ini menjadi modul dan materi yang bukan saja relevan dan aplikatif, tapi juga disampaikan dengan gaya dan bahasa orang muda.

Mobile Phone

MAU TAU LEBIH LANJUT?

Tentang bagaimana membangun komunitas basis, dan harus mulai dari mana...

3 HAL PENTING DALAM DINAMIKA KOMUNITAS BASIS

KOMUNITAS

Orang muda Katolik perlu berdinamika dalam sebuah komunitas yang memiliki tujuan jelas seturut arah dasar Gereja lokal serta bergerak sesuai kharisma dan karya-karyanya dengan konsisten.

RELASI INTENSIONAL

Pembinaan OMK tidak bisa hanya berhenti pada kegiatan atau pembinaan sesekali. Perlu ada pendampingan yang intensif melalui relasi yang dibangun secara berkala.

PERTUMBUHAN IMAN

Orang muda yang dikumpulkan perlu diarahkan agar sungguh mengembangkan relasi dengan Kristus sehingga berbuah limpah bagi Gereja dan sesama.

Logo FINAL Krismapedia.png

Krismapedia adalah program persiapan penerimaan Sakramen Krisma dan pembinaan iman orang muda. Krismapedia menyajikan inti iman Katolik dengan bobot, bentuk, dan media yang sesuai dengan gaya remaja saat ini, sehingga bisa dipahami dengan tepat, mudah, dan menyenangkan.

Salah satu produknya adalah buku Krismapedia, yang digunakan di berbagai pertemuan sel di Komunitas Basis.

www.krismapedia.com

Pertemuan Sel di UNIPA Maumere (3).jpeg

Produk Krismapedia terdiri dari

Buku
Peserta

Buku
Katekis

Film Katekese

Materi Refleksi

Aplikasi Praktis

Analisis Data & Program Tindak Lanjut