• domuscordis

3 Tahap yang Kudu Dijalani untuk Menjadi Murid Yesus

“Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” (Matius 16:24-26).

Ayat yang keras dan menantang. Namun itulah yang Yesus katakan kepada para muridNya, dan hal itupun masih menjadi undangan yang berlaku bagi kita yang hendak mengikuti Dia.

Father Alfred McBride dalam bukunya menuliskan ada dua bagian dari diri kita, yaitu diri kita yang sejati dinamakan “aku” dan diri yang palsu dinamakan “ego”. Jadi kehilangan nyawanya demi Aku yang dimaksud Tuhan Yesus adalah menghilangkan ego atau menyangkal diri kita.

Untuk bisa menjadi murid Yesus, beliau mengatakan ada tiga tahap dalam pemuridan. Tahap yang pertama, menghilangkan ego, tapi tidak berarti kita kehilangan diri yang sejati. Ciri khas dari ego adalah keterikatan atau ketaatan akan culture/budaya, yang membuat kita cepat atau lambat menjadi budak budaya (kekinian), sehingga memunculkan perasaan khawatir, takut, gelisah jika tidak mengikuti budaya itu. Selain itu, ego mementingkan perasaan dan emosional, seperti perasaan ingin dicintai dan kenyamanan.

Tahap yang kedua dan ketiga, bisa cek talk kak Yurika Agustina di video berikut ini:




6 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy