• domuscordis

INSPIRE Jakarta | Entrust Series #3 | Catalyst for Growth

Maret, Sabtu Pertama

Menurut Wikipedia, Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri... Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat… (https://id.wikipedia.org/wiki/Katalis)

Pertemuan Inspire Jakarta kali ini membahas tentang elemen yang sangat penting dalam proses pertumbuhan iman, yang mana dengan hadirnya elemen ini, pertumbuhan kita bisa menjadi lebih cepat. Topik ini adalah bagian dari tema besar 2020 Entrust, yang mengajak kita semua untuk semakin memercayakan hidup beserta segala tantangannya ke dalam penyelenggaraan Tuhan.


Oya, kalau teman-teman belum tahu soal Entrust series, bisa ikuti dari tulisan di link Entrust #1 - Faith Matters dan Entrust #2 - Spiritual Childhood.

Riko – yang memberikan talk, mengutip dari Ibrani 12:3-17. Penulis Ibrani menguraikan panjang lebar tentang satu hal yang Allah lakukan dalam kasih untuk membantu kita bertumbuh.


Allah menghajar kita!

Hajaran adalah sarana Tuhan untuk membentuk kita anak-anak-Nya. Tanpa hajaran, kita hanyalah anak-anak gampang. Artinya, hajaran - yang berupa situasi hidup penuh tantangan ini, justru adalah tanda bahwa kita adalah anak-anak yang dikasihi-Nya. Penulis Ibrani menjelaskan lebih lanjut bahwa hajaran ini adalah seperti sebuah latihan (ayat 11), yang berarti terjadi tidak hanya sekali, namun berulangkali. Hajaran ini tidak mudah, bisa menyebabkan dukacita, tangan yang lemah, lutut yang goyah, bahkan jalan yang pincang! Sedemikian beratnya, sampai kita perlu diingatkan agar jangan sampai menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, yang bisa mengakibatkan tumbuhnya akar kepahitan. Ini benar sekali. Riko lalu menambahkan,


“Bukankah saat mengalami tekanan dalam periode yang lama, kita sering jadi kecewa dan marah pada Tuhan, lalu mulai menjauh dari Dia? Lalu tumbuhlah akar kepahitan di hati kita, yang membuat kita mudah tersinggung, dan menyebabkan banyak konflik dengan orang lain.”

Penulis Ibrani mengingatkan: Jangan menjauh dari Tuhan! Justru kita perlu setia melekat pada Dia, karena pada akhirnya hajaran ini akan menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Di akhir talk ini, Riko mengundang kita semua untuk tidak lari dari hajaran, tapi justru dengan setia menanggung berbagai penderitaan hidup sebagai sarana bagi kita untuk semakin melekat para Tuhan – dan naik kelas dalam iman!

Sesi kali ini terasa berat, tapi sekaligus menantang, karena kita tahu bahwa dibalik hajaran, ada pertumbuhan iman yang mendatangkan damai sejahtera. Kuys!



Buat kamu yang ingin ikutan hadir di Inspire Jakarta, bisa isi form kontak. Oke. Tuhan memberkati.


4 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy