• domuscordis

INSPIRE Jakarta | Entrust Series #4 | Vulnerable and Uncertain, So What?


Situasi pandemi yang mendunia ini membuat kita semua mengalami vulnerability dan uncertainty. Vulnerability karena sepertinya kita semua menjadi rentan terhadap penyakit, dan uncertainty karena kita belum tahu sampai kapan situasi ini berlanjut.

Pertemuan kali ini dilakukan di rumah masing-masing melalui Zoom yang ditayangkan di Youtube Live, disertai dengan sesi tanya jawab di akhir.

Setelah review perjalanan materi Entrust Series ini, Riko mengajak kita melihat lebih jauh apa yang terjadi saat kita setia melekat pada Kristus, sekalipun dalam keadaan vulnerable dan uncertain.


Kolose 2:7 mengatakan “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”

Dalam pertumbuhan iman, kita perlu berangkat dari yang paling mendasar, yaitu akar. Sebuah tanaman baru bisa bertumbuh kuat kalau akarnya kokoh. Bagaimana caranya agar akar-akar pohon tumbuh menjadi kokoh?


Riko lalu mengutip George Herbert, seorang penyair, pengkotbah, dan imam Gereja Anglican abad 16 yang mengatakan “Storms make the oak grow deeper roots”. Saat terjadi hujan badai, pohon mengalami vulnerability dan uncertainty. Vulnerable karena bisa tumbang, dan uncertain karena tidak tahu berapa lama badai terjadi. Namun demikian, saat hujan badai, air yang masuk ke dalam tanah jumlahnya lebih banyak daripada biasanya, sehingga untuk bisa menyerap air itu, akar pohon perlu berusaha meraih ke kedalaman yang lebih jauh daripada biasanya. Akibatnya, akar-akar ini menjadi tumbuh lebih dalam, lebih kokoh, lebih kuat, dan pohonpun bertumbuh lebih besar lagi.

Seperti situasi pandemi yang tidak menentu, begitu pula hajaran Allah dalam hidup kita menyebabkan vulnerability dan uncertainty. Namun seperti pohon yang justru mengambil manfaat dari situasi ini, begitu juga hidup kita. Kita perlu setia dalam hajaran Allah, karena melalui situasi ini kita justru semakin berakar kuat di dalam Kristus!

Aminnnnn!

(Biasanya setelah Inspire Jakarta, para anggota komunitas dan sahabat-sahabat yang hadir pergi mencari makan malam atau warung untuk ngopi. Kali ini, semua dipersilakan menuju meja makan masing-masing di rumah. Jaga kesehatan terus, dan jangan lupa cuci tangan!).


Buat kamu yang mau belum nonton talk ini, bisa klik di bawah ini:



Tertarik untuk berkolaborasi atau mengundang Domus Cordis untuk bicara mengenai iman Katolik dengan bahasa orang muda, boleh tulis pesan di sini.

18 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy