• domuscordis

Kegagalan yang Memberkati


Siapa sih dari kita yang tidak pernah mengalami kegagalan? Bagaimana caranya supaya kita tidak terus menerus jatuh di dalam dosa yang sama? Semua ini dibahas oleh Riko Ariefano di Inspire From Home pada hari Kamis 18 Juni 2020 lalu. Pengajaran ini adalah bagian dari Entrust Series, yang membahas proses pertumbuhan iman.



Meskipun Daud diberkati tapi ternyata dia masih bisa gagal juga. Daud yang dikenal sebagai "a man after God's own heart", ternyata bisa jatuh ke dalam dosa. Daud mengingini Batsyeba yang sudah menjadi istri orang lain. Dia bahkan merencanakan sesuatu yang menyebabkan suami Batsyeba kehilangan nyawanya di medan perang. Daud jatuh ke dalam dosa. Allah pun mengutus nabi Nathan untuk menegurnya. Singkat cerita, Daud mengalami pergumulan, menghadapi tantangan dan juga kesepian. Tapi, hal itu tidak menghancurkan Daud, tetapi justru membentuk dirinya menjadi warrior yang hebat, yang bisa mengalahkan Goliat dan bahkan menjadi orang yang berkenan di hati Tuhan.


Pada akhir pengajaran, dibukalah sesi QnA. Kamu juga bisa bertanya secara langsung lho di Inspire From Home yang diadakan Live setiap Sabtu pertama dan Kamis ketiga. Beberapa pertanyaan yang muncul seperti bagaimana kita bisa tahu apa maunya Tuhan? Bagaimana bisa mengetahui pattern kegagalan kita?


Diambil dari Mazmur 51, ada 2 hal yang perlu terus kita upayakan, yaitu roh yang teguh (steadfast) dan roh yang rela (willing). Riko menjelaskan bahwa kita perlu membuat keputusan dengan ketetapan hati, dan Tuhan akan melihat kesungguhan hati kita sehingga Ia akan menguatkan dan menyertai kita. Kita perlu terbuka terhadap kehendak Tuhan. Seringkali kita mau tahu, apa maunya Tuhan. Lalu, kita malah membuat pertimbangan apakah maunya Tuhan tersebut nyaman untuk kita atau tidak? Selain itu dibahas juga tips agar kita belajar mengenali dan mencatat hal apa yang membuat kita menjauh dari Tuhan atau sebaliknya mendekat pada Tuhan.


Proses ini tentu tidak instan. Kita perlu terus setia berproses agar bisa berubah dari buluh yang terombang-ambing hingga menjadi batu karang yang teguh. Ikuti terus serinya di Inspire Entrust#. Dengan kerapuhan dan keegoisan kita sebagai manusia, kita perlu semakin menyadari perlunya Tuhan yang menopang kita.


Lengkapnya bisa ditonton langsung di video berikut ini:


Sesi ENTRUST, mengajak kita memercayakan diri ke tangan Tuhan. Karena kita menyadari bahwa ungkapan dari relasi yang sungguh-sungguh erat adalah sejauh mana kita berani memercayakan seluruh hidup kita ke tangan Dia yang mengundang kita ke dalam relasi cinta. Dia yang namaNya adalah Yesus.


INSPIRE Jakarta diadakan setiap Sabtu pertama dan Kamis ketiga di Wisma Argo Manunggal. Kegiatan ini menjadi bagian dari pembinaan iman Cordisian (Sebutan anggota komunitas Domus Cordis) untuk bertumbuh bersama-sama. Dalam situasi PSBB, rangkaian talk INSPIRE Jakarta ditayangkan melalui YouTube channel INSPIRE. Semoga memberkati.


2 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy