• domuscordis

Krismapedia Perdana Hadir di Paroki Regina Caeli

Tanggal 21 Januari 2020 yang lalu, Tim Krismapedia Domus Cordis yang terdiri dari Violison Martheo, Renaldo Tasno, dan Christian Pradana, membawakan Training of Trainers (TOT) kepada para Katekis Persiapan Sakramen Krisma di Paroki Regina Caeli, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.


Secara khusus, tujuan dari TOT ini adalah untuk mempersiapkan para katekis paroki Regina Caeli agar dapat memfasilitasi kelas penerimaan Sakramen Krisma dengan efektif menggunakan bahan Krismapedia sehingga para calon penerima Sakramen Krisma sungguh-sungguh siap untuk dikuatkan dan menjadi pengikut Kristus yang dewasa.


Ada 4 sesi yang dibawakan oleh Tim Krismapedia, antara lain pemahaman dasar mengenai semangat Krismapedia yang mau membawa perubahan dalam model katekese orang muda -agar persiapan sakramen krisma tidak hanya diikuti secara sambil lalu oleh para orang muda, tapi mereka mengikutinya dengan antusias, serius, dan terlibat penuh di dalamnya. Untuk mencapai ini, cara yang lama harus diubah.


Pendamping tidak lagi bertugas untuk sekedar menyampaikan ilmu (transfer knowledge), tapi di era milenial ini, pendamping perlu menerapkan yang disebut experiential learning - memberikan pengalaman belajar yang baik dalam semua aspek.

Karena itulah bahan Krismapedia dirancang menarik secara visual, menggunakan bahan audiovisual, pengalaman online, itu adalah salah satu pintu masuk untuk membawa orang muda kepada pengalaman yang menyenangkan. Hal ini akan dilanjutkan pula dengan cara katekis agar dapat membawakan materi dengan metode yang efektif dan menarik, termasuk tidak terlalu doktrinal dan teoritis, tapi menggunakan bahasa yang mudah dicerna, penjelasan dan contoh yang dekat dengan anak muda, dan sharing-sharing iman yang sangat mudah ditangkap oleh mereka.


“Dosis yang tepat bagi anak muda” adalah kata kunci dalam metode katekese Krismapedia ini.

Pada sesi berikutnya, Renaldo Sugiharto membawakan materi mengenai bagaimana cara menjadi seorang pendamping yang efektif bagi anak muda. Sesi ketiga dan keempat diisi dengan simulasi dinamika kelas Krismapedia.


Dalam kurun waktu 4 jam itu, TOT berlangsung dengan baik dan dinamis. Para Katekis paroki Regina Caeli menyimak dengan serius, serta aktif bertanya dan berdiskusi dengan tim dari Domus Cordis. Banyak masukan dan insights yang diperoleh oleh kedua pihak.


Semoga semua usaha bersama ini dapat menginspirasi para katekis Paroki Regina Caeli untuk bisa mewartakan Yesus dan membawa orang muda calon penerima Sakramen Krisma di Paroki Regina Caeli tahun ini berakar kuat imannya, bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus, dan pada hari penerimaan Sakramen Krisma nanti sungguh-sungguh siap untuk menjadi pengikut Kristus yang dewasa serta berbuah bagi Gereja dan masyarakat.


Buat teman-teman yang tertarik menghadirkan Krismapedia di Paroki kamu, boleh kontak-kontak kita di sini.


Info lebih lanjut, silakan klik Krismapedia.

4 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy