• domuscordis

MISA OMK Online & Talkshow “KEINDAHAN EKARISTI”


Sehari sesudah #TanyaKrismapedia di hari Jum’at, 8 Mei 2020, tim Krismapedia bekerja sama dengan Komisi Sosial Paroki Theresia - Jakarta Pusat, mengadakan Talkshow “Keindahan Ekaristi” dengan puncaknya Misa via online untuk Orang Muda Katolik.


Dalam talkshow bersama Romo Andang L. Binawan, SJ pada Pk. 17.15 WIB, teman-teman diajak mengupas tuntas segala sesuatu mengenai Ekaristi.


Ekaristi diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “thanksgiving”, dalam bahasa Indonesia berarti ucapan syukur atau terima kasih. Sebelum masa pandemi COVID-19, sebagian umat masih suka ke Gereja dengan alasan karena kewajiban, atau untuk bertemu dengan teman-teman. Begitu adanya pandemi, benar menurut Romo Andang, kita justru semakin dimurnikan, "Apa sih motivasi kita mengikuti perayaan Ekaristi selama ini?"

Ada lagi pertanyaan, "apakah misa sama dengan Ekaristi?" Misa berasal dari bahasa Latin, yaitu “Ite Missa Est,” yang mempunyai arti “kamu diutus”. Perkataan ini yang biasanya diucapkan Romo di akhir perayaan Ekaristi. Ekaristi sendiri adalah keseluruhan rangkaian acara itu. Begitulah bedanya misa dan Ekaristi.


Romo Andang menekankan bahwa Ekaristi adalah doa, di mana kita membuka hati kita untuk Tuhan. Tuhan yang selalu datang mengetuk pintu hati kita. Ekaristi adalah doa yang utama karena kehadiran-Nya sungguh nyata dalam rupa roti dan anggur, yang adalah tubuh dan darah Kristus.

MISA OMK ONLINE


Setelah talkshow "Keindahan Ekaristi" selesai. Tibalah di puncak kegiatan, yaitu Misa OMK Online. Misa ini adalah kerja sama tim Krismapedia, KomSos Paroki Theresia-Jakarta Pusat, dengan menghadirkan Chelsea Islan sebagai Lektris, Lyodra Ginting sebagai Pemazmur, serta koor dengan suara yang merdu dari Catholic Fellowship Jakarta, dan OMK dari Sydney - Bel Cantare Choir.

Bacaan Minggu Paskah V ini semakin menguatkan kita bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan sepatutnyalah kita bersyukur kepada-Nya. Allah sendiri yang mengetuk hati kita sebagai “Jalan Kebenaran dan Hidup”. Dalam konsekrasi tubuh dan darah, Allah sendiri yang menjelma menjadi roti dan anggur. Kehadiran Allah, yang adalah kasih itu sendiri, menjadi jalan yang membongkar ego kita, mengajarkan kita untuk berbagi.

Romo Andang juga mengajak kita menyadari akan apa yang kita jalankan sepanjang perayaan Misa (dalam hal ini Misa OMK online), yaitu Via Purgativa (Jalan Pembersihan – Tobat); Via Iluminativa (Penerangan – Sabda Tuhan dan Injil); Via Unitiva (Kesatuan – Komuni).

Sebelum menyambut Komuni (dalam kondisi saat ini adalah komuni batin), Romo Andang mengajak kita untuk menyiapkan hati dengan pikiran dan fokus terbuka pada Tuhan, serta dengan sikap tubuh yang benar.


Dari talkshow bersama Romo Andang dan juga Misa OMK online, kita perlu bertanya pada diri kita, apakah kita telah semakin mencintai Ekaristi dan menjadikan Kristus sebagai pusat hidup kita?



Ucapan terima kasih


Secara khusus, tim Krismapedia menyampaikan terima kasih buat semua pihak sehingga kegiatan ini berjalan lancar, dan juga buat orang muda yang mengikuti kegiatan ini.


Lebih lanjut mengenai berbagai konten Katolik, teman-teman bisa mengikuti terus (bahkan bisa bertanya juga) di IG @krismapedia atau Channel YouTube Krismapedia Project.


Penulis: Inggrid Nugroho

Editor: Maria Anastasia

11 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy