• domuscordis

SIGNIFICANT | Chastity, The New Normal | Riko Ariefano

Diperbarui: Mei 15


Akhir-akhir ini banyak laki-laki dan wanita yang melakukan seks bebas. Banyak laki-laki yang melakukan masturbasi dan wanita yang menggunakan laki-laki untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini terjadi karena tidak adanya integrasi antara jasmani dan rohani. Sebenarnya, apakah manusia bisa bebas dari dosa seksual ini nggak ya? Bagaimana caranya?

Rabu, 13 Mei 2020, Riko Ariefano membawa kabar baik yang bisa menjawab masalah di atas, dalam sebuah rekoleksi online orang muda Katolik - SIGNIFICANT, dengan materi CHASTITY, The New Normal. Rekoleksi ini adalah kerja sama antara YCCR Jakarta dengan komunitas Light Of Jesus Family (LOJF), Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) serta dengan Domus Cordis. Rekoleksi online diadakan setiap hari dari tanggal 11 sampai dengan 17 Mei 2020, pada Pk. 13.00 WIB.


Mengapa Chastity?

Paus Yohanes Paulus II mengatakan “Chastity adalah jalan menuju kebahagiaan”.

Chastity berasal dari kata Chaste yang berarti kemurnian. Dilihat dari 7 kebajikan (virtue), chastity termasuk bagian dari virtue penguasaan diri yang perlu dilakukan oleh laki-laki dan wanita, dan dalam hal ini penguasaan diri dari sisi seksual.


Allah menciptakan manusia sesuai citraNya, maka panggilan dasar kita adalah memberikan diri bagi kebaikan orang lain. Yesus telah menunjukkan pemberian diri-Nya dengan mati di kayu salib, untuk menebus kegagalan manusia yang tidak mampu mengasihi.

Tuhan menganugerahkan hasrat seksual kepada setiap manusia dan hal itu baik apabila kita menggunakannya untuk memberikan diri bagi orang lain, dan menjadi tidak baik bila digunakan untuk kepentingan pribadi. Perlu diketahui bahwa lawan kata dari LOVE (mengasihi) sebenarnya adalah LUST (menggunakan).


Oya, LUST juga dapat terjadi pada suami istri lho, karena pasangan suami istri melakukan hubungan seks sebagai pemberian diri atas cinta murni bukan pemaksaan. Pernikahan menjadi platform mendasar sebagai cerminan Kristus dan mempelainya, sehingga untuk menjadi happy couple, laki-laki single happy saling bertemulah dengan wanita single happy.


Topik Chastity ini sangat menarik karena memberikan harapan dan dapat menginspirasi orang muda untuk tetap berjuang mengejar kebebasan dalam Tuhan meskipun nggak mudah. Buat teman-teman yang ingin tahu jelasnya Chastity, The New Normal, bisa klik di:



Di akhir pembahasan, Riko juga berbagi tips agar terjadi integrasi antara jasmani dan rohani, yaitu dengan meminta rahmat Tuhan melalui ber-DOA, mengikuti EKARISTI dan mendapat sakramen TOBAT. Nah, lengkapnya mengenai tips tersebut (ada 5 tips nih), dapat dilihat di Youtube Inspire “Road to Chastity”.

Semoga Chastity ini dapat terus diperjuangkan menjadi The New Normal dalam kehidupan kita. Buat teman-teman yang tertarik untuk berkolaborasi atau mengundang tim dari Domus Cordis buat pengajaran Teologi Tubuh ataupun materi mengenai iman Katolik, bisa tinggalkan pesan di sini.


Penulis: Inggrid Nugroho

Editor: Maria Anastasia

22 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy