• domuscordis

#TanyaKrismapedia | Bunda Maria dalam Iman Katolik

#TANYAKRISMAPEDIA LIVE PERDANA


Hari Jumat, 8 Mei 2020, tim Krismapedia mengadakan #TanyaKrismapedia Live perdana di YouTube Channel Krismapedia Project. Tentu saja tim Krismapedia mengajak narasumber khusus, yaitu Romo Andang L. Binawan, SJ, untuk menjawab beragam pertanyaan orang muda mengenai “Bunda Maria dalam Iman Katolik”.


Kegiatan ini ternyata mendapat tanggapan luar biasa lho... Peserta yang ikut bukan hanya dari Jakarta saja, tapi juga dari Semarang bahkan ada yang dari Timor Leste! Memang inilah kekuatan dari media sosial digital, sehingga sesi ini dapat disaksikan oleh banyak orang muda di seluruh Indonesia, termasuk juga di luar negeri.


Sesi tanya jawab berlangsung seru terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diterima. Umumnya, pertanyaan yang diajukan adalah seputar doa Rosario dan Maria.

Dalam Alkitab diceritakan bahwa Maria memiliki peran penting dalam kisah penyelamatan manusia dengan melahirkan Yesus Kristus. Sebagai umat Katolik, tentunya nama Bunda Maria sudah akrab sekali di telinga kita, bahkan di semua Gereja Katolik dan hampir semua rumah memiliki patung Bunda Maria. Patung Bunda Maria ini sebenarnya digunakan sebagai simbol atau sarana berdoa, supaya umat merasa lebih dekat dengan Tuhan melalui perantaraan Bunda Maria.


Banyak juga devosi kepada Bunda Maria. Yang terkenal antara lain adalah Rosario dan Novena Tiga Salam Maria. Melalui devosi ini, umat Katolik berdoa kepada Tuhan, dengan perantaraan Bunda Maria, agar permohonan dikabulkan.


Sesi tanya jawab bersama Rm. Andang ini, juga membantu membuka pandangan-pandangan kita terhadap cara berdoa bersama Bunda Maria. Misalnya, berdoa bersama Bunda Maria ternyata mempunyai arti di mana kita belajar membuka hati terhadap Tuhan, supaya kehendak Tuhan yang terjadi, bukan keinginan egois kita sendiri. Memang susah berdoa agar kehendak Tuhan terjadi, tapi justru itulah yang perlu kita lakukan.


Nah, apa yang dapat kita lakukan agar bisa belajar lebih mengenal kehendak Tuhan? Salah satu caranya ya berdoa Rosario dengan sungguh-sungguh. Tidak mendoakan Rosario dengan cepat-cepat, tetapi lebih mengajak diri merenungkan setiap peristiwa. Susah? Ya, pasti nggak gampang. Tetapi, Rm. Andang mengingatkan bahwa yang penting bukan mengejar target seberapa banyak berdoa Salam Maria, melainkan berdoa pelan-pelan sambil merenungkan setiap peristiwa, dan tentu saja sambil usaha agar tidak jatuh tertidur.


Masih banyak pertanyaan lain yang terus diajukan sepanjang kegiatan ini berlangsung. Biar lebih lengkap, langsung aja video berikut:


Krismapedia adalah bahan persiapan Sakramen Krisma dan pembinaan iman orang muda, yang menjadi buah pelayanan dari komunitas Domus Cordis untuk Gereja Katolik di Indonesia. Krismapedia sebagai sebuah kesatuan program, terdiri dari buku peserta untuk orang muda, buku pendamping bagi para pendamping dan pembina iman orang muda, video katekese, media sosial instagram @krismapedia, dan online learning website serta sistem analisis data.


Follow Krismapedia:

Instagram: https://www.instagram.com/krismapedia

YouTube: http://bit.ly/krismapedia_youtube

Website: http://www.krismapedia.com



18 tampilan
DOMUS CORDIS

Hubungi  kami untuk ikut menginspirasi orang muda

demi dunia yang lebih baik di dalam Kristus.

Email: info@domuscordis.com

Phone: +62 21 52964237

FB: @domuscordis
IG: @domuscordis

© 2020 by Domus Cordis |  Terms of Use  |   Privacy Policy