Training of Trainers KB Alamiah: Metode Ovulasi Billings


Training of Trainers (TOT) untuk pembelajaran mengenai Metode Ovulasi Billings (MOB) dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Januari 2021 hingga Minggu, 17 Januari 2021 secara virtual. Kegiatan ini diikuti oleh 4 pasangan suami-istri, 5 istri saja, dan 6 perempuan single dengan berbagai latar belakang.


Program ini dimulai pada hari Jumat malam dengan pembahasan mengenai latar belakang MOB yang adalah salah satu cara KB alami (KBA) yang disetujui oleh Gereja. Sesi ini pada dasarnya bertujuan untuk membangun mindset para calon trainer yang kelak akan mendampingi orang lain mengenai nilai-nilai seksualitas dan kehidupan.



MOB sendiri bergerak dari fakta bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu, termasuk tubuh manusia, baik adanya. Hal ini juga yang menjadi landasan sesi kedua, yaitu pembahasan mengenai sistem reproduksi manusia. Di sesi ini, para calon trainer diberikan bekal ilmu anatomi dan fisiologi dasar mengenai reproduksi pria maupun wanita. Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai proses penciptaan manusia atau fertilisasi. Dalam kedua sesi inilah para calon trainer mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tubuh manusia dan desain Tuhan untuk tubuh yang diciptakan-Nya.


Sesi keempat mulai membahas MOB sendiri secara lebih mendalam.

Secara umum, MOB menekankan pada pencatatan siklus bulanan seorang perempuan berdasarkan sensasi yang ia rasakan dan temuan yang ia dapatkan.

Karena caranya yang cukup sederhana, MOB bahkan dapat digunakan dengan simbol-simbol tertentu, terutama untuk orang-orang yang tidak bisa menulis ataupun membaca dengan baik. MOB juga dapat meningkatkan keharmonisan pasangan karena perlunya komunikasi yang baik antara istri dengan suaminya. Setelah sesi ini, para calon trainer kemudian diberikan beberapa soal latihan pencatatan MOB.


Sesi kelima digunakan untuk membahas hasil latihan para calon trainer ini pada hari sebelumnya. Pertanyaan yang masuk cukup banyak, terutama karena soal-soal latihan yang diberikan cukup menantang. Hal inilah yang kemudian dibahas lebih lanjut pada sesi keenam, di mana para calon trainer mendapatkan gambaran contoh-contoh kasus yang sifatnya lebih kompleks dan tidak umum terjadi.


Kegiatan TOT MOB ini ditutup dengan perayaan ekaristi di hari Minggu siang yang disertai dengan pembacaan doa komitmen pendamping MOB. Dengan rahmat Tuhan, para calon trainer berjanji untuk membaktikan diri dengan mempraktikkan MOB dan menjadi pendamping bagi orang lain dalam tugas-tugas yang diberikan oleh Gereja dan komunitas Domus Cordis.


Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RP Yohanes Aristanto MSF dari Komisi Keluarga KWI. Romo Aris mengingatkan semua yang hadir tentang proses mengikuti Yesus yang terdiri dari: (1) Panggilan, (2) Pemuridan dan (3) Perutusan. Panggilan kita yang utama adalah mengikuti Yesus. Namun, dalam mengikuti panggilan, tentu perlu adanya pemuridan. Ada pola hidup yang dibentuk. Memang tidak mudah, karena pemuridan memerlukan komitmen. Setelah dimuridkan, tentunya kita tidak berhenti, melainkan diutus. Kita diutus untuk terlibat dalam karya penyelamatan Tuhan. Dalam hal ini, kita belajar MOB untuk membagikan kecintaan terhadap hidup.


Buat kamu yang tertarik mendalami Metode Of Billings, silakan kontak ke info@domuscordis.com.


Tulisan: Aufa Putri - Caritas

Editor: Tasia - SR

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua