Ekaristi: Emang harus banget ya?


Teman-teman, ada yang tahu awal mula Ekaristi? Sebagai orang Katolik, tentunya kata Ekaristi sudah akrab terdengar di telinga kita. Tapi, apa sebenarnya arti dari Ekaristi dan mengapa Ekaristi penting bagi kita? Kali ini Kelas Krismapedia yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2022 mengundang Kak Renaldo untuk membahas Ekaristi.

Ekaristi berasal dari kata eucaristia artinya ucapan syukur bagi Tuhan. Tradisi Ekaristi bermula dari tradisi bangsa Yahudi.

Mengapa kita sebagai orang Katolik perlu menerima sakramen Ekaristi?

Tuhan sendiri perintahkan kepada kita untuk merayakan Ekaristi. Melalui Lukas 22:9 Tuhan bersabda "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." Melalui sabda ini kita menghayati bahwa Tuhan Yesus sendiri yang meneladankan kepada kita untuk merayakan Ekaristi sebagai peringatan akan Dia. Demikianlah Ekaristi diteruskan oleh para rasul sejak gereja perdana.

Ekaristi adalah privilege karena merupakan ajaran khas kekatolikan. Lalu, apa saja manfaat dari Ekaristi yang bisa kita peroleh? Yesus bersabda “Akulah roti hidup yang telah turun dari Surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Jika kita terbiasa mendengar you are what you eat maka dengan menerima Ekaristi kita bisa menjadi semakin serupa dengan-Nya. Tuhan menjanjikan kepada kita bahwa, jika kita menerima Ekaristi kita tidak hanya tidak lapar lagi, tetapi akan memperoleh hidup kekal, dan jaminan hidup kekal ini dijanjikan oleh Tuhan sendiri. Dengan menerima komuni, kita akan dipersatukan dengan Kristus dan diampuni dari dosa-dosa ringan kita, serta melindungi kita dari dosa-dosa berat. Karena Ekaristi merupakan perayaan komunitas, maka melalui komuni juga kita disatukan dengan seluruh anggota gereja, di dalam Tubuh Mistik Kristus bersama Dia dan sesama.


Tuhan ingin kita semua hidup bahagia. Tuhan ingin kita semua masuk Surga bersama-sama dengan-Nya dan Ekaristi adalah jalannya. Maka, kita akan rugi besar jika sebagai orang Katolik tidak menerima Ekaristi dengan baik dan rutin. Kelas Krismapedia ini diakhiri dengan adorasi virtual, dimana kita diajak bersama merenung di hadapan Sakramen Maha Kudus serta menyampaikan setiap doa, harapan dan kerinduan kita. Yuk kita rutin untuk menerima Ekaristi.

Kelas Krismapedia diselenggarakan oleh Krismapedia, untuk membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan seputar Kekatolikan yang biasa menjadi kegalauan anak muda saat ini. Untuk mengetahui lebih banyak dan agar tidak ketinggalan info kelas-kelas seru lainnya, kamu bisa follow Instagram account Krismapedia di @krismapedia atau kunjungi websitenya di www.krismapedia.com. Teman-teman juga bisa membeli buku Krismapedia melalui https://wa.me/6281219977328.


Sampai jumpa di Kelas Krismapedia bulan depan dengan tema yang tidak kalah menariknya. See you!


Penulis: Fransiska Iska Nur Andriani (DC Jakarta - Caritas)

Editor: Ermelinda Tara (DC Jakarta - Gioia)



3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua