Tak Kenal Maka Kenalan

“Tak Kenal Maka Tak Sayang“? Pepatah ini adalah istilah yang sangat sering digunakan pada percakapan sehari-hari, untuk menyatakan apabila kita tidak mengenal seseorang, maka kita tidak memiliki perhatian kepada orang tersebut. Tema Kelas Krismapedia (KK) ke-21 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 ini diangkat dari pepatah ini yang diubah sedikit kalimatnya menjadi “Tak Kenal Maka Kenalan”. Kenalan disini kenalan sama siapa sih sebenarnya? Kenalan yang akan dibahas disini adalah kenalan sama Tuhan.


Kelas Krismapedia kali ini dipandu oleh Kak Isabel sebagai MC, Kak Nadya sebagai Song Leader dan Kak Lia sebagai narasumber. Kegiatan dimulai dengan permainan “Tebak Tokoh Katolik” dimana ada hadiah menarik bagi para pemenang yang beruntung. Pada awal acara, peserta diajak untuk mengungkapkan pengertian mereka akan sosok Tuhan, lalu di tengah kegiatan peserta diajak untuk mengenal sosok Tuhan melalui 3 sumber, yaitu Kitab Perjanjian Lama, Kitab Perjanjian Baru, dan perjanjian like literally sekarang, dan di akhir acara peserta diajak untuk merefleksikan siapakah peserta (pribadi masing – masing) menurut pandangan Tuhan.


Siapa sih Tuhan itu ?

Menurut Santo Agustinus, Tuhan itu Intimior Intimo Meo dan Superior Summo Meo. Hal ini juga dapat dilihat pada Perjanjian Lama di Kitab Keluaran 3:1-15 dan pada Perjanjian Baru di Injil Yohanes 4 : 6-29.

Cara kenalan sama Tuhan

Setelah mengetahui gambaran umum dari Tuhan, kita juga diundang untuk lebih mengenal Tuhan melalui 4 cara berikut ini, yaitu 1) Membaca Alkitab, 2) Ikut Komunitas, 3) Menerima Sakramen-Sakramen, dan 4) Rajin berdoa.


Sobat muda, jangan lupa untuk ikuti Kelas Krismapedia bulan depan dengan topik menarik lainnya. Nantikan info selanjutnya di Instagram @krismapedia. Tuhan Yesus Memberkati.


Penulis: Janssen Arnoldus (DC Jakarta - Good Samaritans)

Editor: Agnes Natalia (DC Jakarta - Caritas)

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua