top of page

Selamat bagi Mgr. Yanuarius - Uskup Jayapura


Kabar gembira datang dari Keuskupan Jayapura, yaitu Mgr. Yanuarius Theopilus Matopai You terpilih sebagai Uskup Jayapura. Beliau adalah orang asli Papua (OAP) pertama dari suku Mee Pago. Hal ini tentunya menjadi sukacita tersendiri bagi menjadi sukacita bagi umat beragama di tanah Papua.


Jumat, 2 Februari 2023 adalah tanggal pelaksanaan pentahbisan Bapak Uskup. Domus Cordis (DC) mendapat kehormatan dari Bapak Uskup untuk menghadiri acara pentahbisan Beliau.

Kali ini, Domus Cordis mengutus Christian Pradana - Koordinator Outreach dan Pengembangan Komunitas Basis (disingkat: PKB) yang diterima langsung oleh Salo, mantan Ketua Komisi Kepemudaan serta Ketua Orang Muda Katolik (OMK) Katedral Jayapura yang bernama Dago.


Selain mengikuti pentahbisan Bapak Uskup, Chris juga bertemu dengan perwakilan OMK Keuskupan Jayapura. Bagi Mgr. Yanuarius, pembinaan orang muda punya peranan penting, maka dari itu Beliau mengundang DC untuk menginjakkan kaki di tanah kelahirannya.


Pada hari Kamis, 1 Februari 2023, Bapak Uskup mempertemukan Chris dengan perwakilan Orang Muda Katolik di Keuskupan Jayapura. Bapak Uskup memberikan sedikit pengantar dan harapan akan orang muda. Di bincang-bincang tersebut, Chris berkenalan dengan OMK dan saling berbagi kepedulian terkait orang muda di Papua. Tantangan yang dihadapi secara umum adalah orang muda banyak yang tidak aktif dan tidak tertarik pada kegiatan rohani, serta kurang adanya kegiatan yang memberikan kesempatan bagi OMK untuk berdinamika di paroki.



Cerita-cerita di atas bukanlah tantangan yang tidak biasa. DC sudah banyak mendengar berbagai tantangan itu, dan dengan rahmat Tuhan, DC berusaha belajar dari berbagai pengalaman bersama orang muda, sehingga dapat melahirkan Program Pengembangan Komunitas Basis. Dalam komunitas, setiap orang akan belajar relasi, mendampingi orang muda, serta membagikan iman yang dimiliki kepada orang muda yang didampingi.


Penulis: Maria Anastasia - Salve Regina DC Jakarta

Narasumber: Christian Pradana - Servi Dei DC Jakarta

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page