3 Peran yang Penting Dijalankan oleh Pendamping Orang Muda

Diperbarui: Agt 5


"Tetapi pendamping orang muda perlu berada di depan, di tengah dan juga di belakang orang muda," begitulah kata Renaldo (Ketua Tim Pendampingan Program Pengembangan Komunitas Basis) yang mengawali sesi kedua Short Course Kelas Pendamping OMK pada hari Sabtu, 24 Juli 2021. Ilustrasi Motor Touring yang dibawakan Re menggambarkan bahwa seorang pendamping tidak hanya mendampingi orang muda pada saat tertentu, melainkan perlu berada di depan, tengah dan belakang.


Short Course ini adalah bagian dari program Pengembangan Komunitas Basis, yang diadakan setiap Sabtu dari tanggal 10 Juli s.d. 02 Oktober 2021. Ada 62 peserta yang bergabung dalam kelas ini.


3 Peran Pendamping

Peran pertama adalah menjadi anak Allah. Ini adalah peran paling dasar. Pendamping perlu mempunyai relasi dengan Allah sehingga perkataan dan tindakannya seturut dengan kehendak Allah. Tujuannya adalah agar pendamping dapat menjadi saksi dari Rahmat, Cinta dan Kerahiman Allah. Untuk itu, pendamping harus selalu sediakan waktu untuk Tuhan atau “olah rohani” istilah yang Renaldo sampaikan dalam sesi ini.


Peran selanjutnya adalah sebagai seorang katekis. Mengambil definisi dari Paus Fransiskus pada pertemuan para katekis, Adanya pengalaman bersama dengan Allah yang hidup, menyimpan pengalaman hidup itu dan dibagikan kepada orang lain untuk bisa membawa orang lain kepada pengalaman bersama Allah yang hidup.


Lalu peran yang terakhir adalah sebagai pelayan relasi. Ini adalah peran terpenting menurut Renaldo. Memang hal ini tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Pendamping diajak untuk berani masuk dalam kebudayaan, bahasa maupun kesukaan anak muda agar dapat mengenalkan Kristus kepada orang muda sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka. Penolakan pasti dapat terjadi. Oleh karena itu, pendamping juga menjalin relasi melalui doa. Doakan selalu orang muda yang didampingi.


Sebagai penutup, Renaldo mengajak para peserta dalam sesi ini untuk melakukan refleksi dari materi tersebut. Sesi diakhiri dengan tugas serta tanya jawab yang disambut hangat oleh para peserta. Begitulah gambaran Short Course Kelas Pendamping OMK. Apabila Bapak/Ibu/teman-teman tertarik untuk ikut atau ingin tahu lebih banyak mengenai program ini, bisa langsung kontak kami di info@domuscordis.com atau klik di sini.


Semoga para pendamping OMK ini semakin dikuatkan dalam pelayanannya mendampingi orang muda serta semakin bertumbuh menjadi seperti Kristus sehingga dapat menjadi berkat bagi setiap orang muda yang didampingi.


Penulis: Raymond - DCX

Editor: Tasia - DC Jakarta (Salve Regina)

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua