top of page

Makan dan Berdialog di Tengah Perbedaan

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman. Dengan perbedaan yang ada, tetapi semua tetap satu adalah semboyan yang dipegang bersama dan dinyatakan dengan Bhineka Tunggal Ika. Ya, Indonesia begitu kaya dan saat ini memiliki 6 agama yang diakui secara resmi. Hidup dalam keharmonisan menjadi tanggung jawab bersama. Gema toleransi dan menghormati satu sama lain perlu digaungkan secara terus menerus.

Gereja Katolik juga terus menyerukan hidup damai di antara umat beragama. "Dibanding meratapi kegelapan, akan lebih bermakna jika kita menghidupkan lilin kecil untuk mengajak masyarakat agar bersatu mewujudkan kehidupan harmonis antar umat beragama," begitulah ajakan dari Bapak Kardinal Ignatius Suharyo pada tahun 2021 di Konferensi Charis Indonesia.


11 April 2023, komunitas Domus Cordis bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi - Studi Agama-Agama (HMPS SAA), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi – Studi Hukum Tata Negara (HMPSHTN), yang berada di bawah naungan Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengadakan kegiatan Makan Malam Ramadan– Buka Bersama Lintas Agama, dengan disertai Dialog dan Tanya Jawab Antar Agama, yang menghadirkan sahabat-sahabat pra-sejahtera di area Kelapa Gading. Dialog antar agama ini menghadirkan Rm. Antonius Suyadi, Pr - Ketua Komisi Hubungan Antar Agama Dan Kemasyarakatan (HAAK) KAJ, KH. Taufik Damas sebagai Pengurus PWNU DKI Jakarta, dan KH Agus Muslim - Ketua MUI Kelapa Gading sebagai narasumber.


Cuplikan video dapat di lihat di link ini: https://www.instagram.com/p/CrnOqOQA0Ml/


11 April 2023, ada 40 Relawan, 200 Sahabat Jalanan, Donatur dan panitia berkumpul di Gedung Judo, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Riuhnya sukacita dari para sahabat jalanan beserta keluarga menyemarakkan ruangan. Kehadiran dan senyuman teman-teman terasa hangat. Semua panitia dan relawan berusaha melayani dengan hati yang penuh sukacita.



Penulis: Tasia

Fotografer: Felix


30 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page