top of page

Retret Teen Cordisian: Joyful and Trust

Diperbarui: 2 Jul 2023

Retret tahunan TC (Teen Cordisian) dengan tema Joyful and Trust, dilaksanakan tanggal 19 s.d. 21 Juni 2023 di Rumah Retret Wisma Canossa, Tangerang Selatan, Banten.


Retret diikuti anggota komunitas Domus Cordis berusia remaja (sebutan: Teen Cordisian), dengan umur sekitar 14-18. Banyak hal yang kami dapatkan di retret ini seperti membangun kepercayaan pada Tuhan, serta berdinamika dengan permainan yang membangun kerja sama antar kelompok. Selama 3 hari 2 malam bersama-sama,kami mendapatkan banyak teman baru, pengalaman, dan juga keseruan yang tak terlupakan.


Tak kenal maka tak sayang, hari pertama dibuka dengan sesi pembentukan kelompok.Games pertama adalah yang paling seru sekaligus menjadi yang paling melelahkan, karena berupa outbond yang memiliki beberapa pos. Apalagi cuaca saat itu sedang gerimis sehingga mendukung beberapa games yang memiliki resiko basah. Setelah itu kegiatan lanjut dengan sesi 1 materi retret dibawakan oleh kak Reiner tentang kebaikan Tuhan untuk semua orang, dan ditutup dengan kegiatan sharing setiap kelompok dengan kakak-kakak yang mendampingi.


Hari kedua kami awali dengan misa harian bersama di Gereja Santo Matius Penginjil yang letaknya tak jauh dari lokasi retret. Setelah misa, kami kembali berjalan pulang ke arah Wisma dan melanjutkan kegiatan dengan mengawali sarapan pagi bersama. Setelah itu, kami kembali berkumpul di ruang Aula untuk melanjutkan kegiatan sesi kedua hingga sesi ke 4 yang diisi dengan kakak pembicara Kak Renaldo dan Kak Hendra yang mengisi sesi ketiga kami.


Di retret ini diadakan juga TC Got Talent dari setiap kelompok. Setiap kelompok menampilkan drama yang telah dipersiapkan dengan sangat baik dan sangat indah, yang membuat peserta selalu memperhatikan penampilan teman mereka dengan fokus. Setiap 2 kelompok selesai tampil lalu diselingi dengan acara pengisi suasana dari panitia dalam berupa nyanyian dan kembali dilanjutkan dengan pementasan.


Di hari terakhir, kami melanjutkan sesi kelima dengan kak Tasia, berbeda dengan sesi sebelumnya dan di sesi ini kami tidak ada sharing dengan kelompok tapi kami mengakhiri kegiatan kami dengan PRK (Pencurahan Roh Kudus), di dalam sesi ini kami sama-sama masuk ke dalam keheningan dan terus berdoa sambil menunggu giliran setiap dari kami untuk di doakan oleh kakak Gembala. Banyak hal yang kami rasakan setelah sesi PRK dan sudah di sharingkan oleh kedua teman kami. Untuk sesi terakhir dibawakan oleh kak Vieri. Setelah dari sesi terakhir, kami kehadiran suster dari Wisma tempat kami retret dan sedikit bercerita mengenai awal mula terbentuk Wisma Canossa dan bagaimana adanya para suster disana, kami banyak bercanda gurau dengan para suster hingga tak terasa sudah melewati jam makan siang.

Kami pulang dengan sukacita. Semoga kami dapat terus berkarya dan berkomitmen membangun diri sehingga dapat berkarya bagi Gereja dan Negara.


Penulis: Dyon - Teen Cordisian

Editor: Tasia - Salve Regina

Videographer: April - Teen Cordisian



38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page