• domuscordis

Siapakah Itu Roh Kudus?

Sebagai orang Katolik, kita tidak asing dengan Allah Roh Kudus dong. Cuma yang jadi pertanyaan, apa kita benar-benar telah mengenal dan menyadari kehadiran Allah Roh Kudus dalam hidup kita? Belum lagi ditambah, pada hari Minggu, 23 Mei 2021, Gereja Katolik merayakan Hari Raya Pentakosta -- peristiwa turunnya Roh Kudus atas para Rasul. Wah makin panjang ini urusannya.


Biar makin paham, komunitas Domus Cordis menjawab pertanyaan itu dalam kelas Krismapedia yang ke 10. Untuk mengajak orang muda mengenal dan memahami siapa itu Roh Kudus dengan judul “Siapakah Roh Kudus?’ Karena masih pandemi, kita hanya bertemu secara daring lewat zoom pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 pk. 15:00-17:00 dengan pembicara Kak Yurika Agustina yang biasa dipanggil Kak Rika.


Pemanasan dulu dong. Jadi kelas dimulai dengan dengan permainan, untuk mencairkan suasana dan menciptakan keakraban, dengan menebak lagu yang masih berkaitan dengan Roh Kudus. Games ini dipandu dengan ciamik oleh Kak Michael Hartono dan Kak Anastasia Pangastuti. Lalu dilanjutkan dengan pujian dan penyembahan yang dipandu sama Kak Adi Handoyo Gunawan.


Pengalaman pribadi atau kesaksian seseorang, biasa lebih cepat sampai kepada kita, makanya kak Rika membuka pengajarannya dengan bercerita bagaimana disentuh oleh Roh Kudus. Kak Yurika bilang bahwa Roh Kudus itu memang ada dan hadir walau kita merasa atau tidak merasa, peduli atau tidak peduli. Teman-teman Roh Kudus itu bukan pribadi asing, kan kita sering mengungkapkan siapa itu Roh Kudus saat kita mendaraskan Syahadat Para Rasul. Roh Kudus adalah Allah yang menghidupkan. Roh Kudus tidak akan meninggalkan kita. Saat kita jatuh dalam dosa, Roh Kudus tetap ada, sehingga kita sering merasa menyesal setelah berbuat dosa, yang tidak lain adalah pekerjaan Roh Kudus untuk yang me-reminder kita.


Roh Kudus adalah parakletos, yang artinya penolong. Parakletos juga artinya penghibur dan pembela. Ka Rika mengutip pernyataan Paus Fransiskus dalam “Seruan Apostolik Pasca Sinoda Bagi Semua Orang Muda dan Seluruh Umat Allah” yang berjudul: “Christus Vivit (Kristus Hidup)”, pada tanggal 25 Maret 2019: “Jatuh cinta pada Allah adalah karya Roh Kudus”. Roh Kudus simbolnya cinta karena Roh Kudus adalah Roh Cinta.


Teman-teman, kita sering melihat simbol Roh kudus kan? Berupa burung merpati, air atau api. Api yang muncul pada saat Pentakosta, merupakan simbol dari Roh Kudus yang menguatkan para rasul untuk tidak takut dalam mewartakan injil. Karena Roh Kudus adalah Roh yang memberikan kita keberanian, kasih dan ketertiban (2 Timotius 1:7).



Sadar atau tidak, sebenarnya Roh Kudus sudah ada dalam diri kita karena rahmat baptisan, tetapi sering kita tidak menyadari kehadiran Roh Kudus karena adanya dosa. Dalam kehidupan sehari-hari, untuk menilai atau melihat suatu tindakan dari seseorang, kita bisa melihat buah-buah dari tindakannya. Orang yang memiliki kedekatan dengan Roh Kudus akan menampakkan buah-buah Roh Kudus: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan, dan penguasaan diri. (Gal. 5:22-23).


Perlu diketahui bahwa Roh Kudus diberikan kepada semua orang yang percaya kepada Kristus atau orang Kristen. Tidak hanya terbatas untuk orang Katolik saja. Di dalam hati nurani orang-orang itu pasti ada Roh Kudus. Dan hati nurani itu pada dasarnya baik. Makanya saat kita mengeraskan hati dan memilih untuk tidak menuruti Roh Kudus saat itulah kita mendukakan Roh Kudus. Tapi jika kita mau menerima keberadaanNya, seperti yang telah dikatakan Yesus. Roh Kudus tidak akan meninggalkan kamu.


Kak Rika menutup pengajarannya dengan sesi pencurahan Roh Kudus. Saat sesi pencurahan Roh Kudus muncul pertanyaan ini di benak saya: “Apakah selama ini saya benar-benar menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup saya? Apakah saya selama ini sudah membangun kedekatan dengan Allah Roh Kudus?” Lalu apa yang harus saya lakukan?


Nah untuk membantu orang muda membangun kedekatan dengan Allah Roh Kudus, Krismapedia mengadakan challenge, yang dapat teman-teman lihat dan baca di IG @krismapedia. Untuk bisa join challenge-nya, tentunya teman-teman harus follow akun IG @krismapedia dong. Dan masih banyak lagi, kelas krismapedia dengan topik-topik ketjeh dan menarik lainnya. Jadi booking jadwalmu yah, untuk bergabung di kelas krismapedia yang diadakan rutin setiap hari Sabtu dan Minggu ke 4 setiap bulannya. Infonya bisa kalian lihat di IG @krismapedia kok. Sampai jumpa lagi yah...


Penulis : Agnes - DC Jakarta (Caritas)

Editor : Ali - DC Jakarta (Caritas)







15 tampilan0 komentar