The END GAME: Siap Tuhan Datang?

Halo para sobat muda! Tak terasa kita sudah memasuki Masa Adven. Nah, persiapan apa yang harus kita lakukan untuk menyambut Natal? Yuk kita cari tahu jawabannya di Kelas Krismapedia yang diselenggarakan oleh Komunitas Domus Cordis dengan pembicara Romo Kristi Adi, Pr dengan tema: “The END GAME: Siap Tuhan Datang?”


Romo Kristi Adi, Pr adalah seorang Imam Diosesan Keuskupan Purwokerto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).


Pengajaran dimulai dengan lagu “Finding God In All Things” yang berarti menemukan Tuhan dalam segala hal dalam kehidupan kita. Tuhan hadir dalam segala hal bahkan dalam peristiwa kesedihan dan kegelapan, tetapi sering kali karena keegoisan dan ketertutupan hati membuat kita tidak mudah melihat Tuhan hadir dalam pengalaman itu.

“Allah ditemukan dalam segala hal jika hati kita pun terbuka untuk mendengar suara-Nya dan merasakan kehadiran-Nya.” oleh Romo Kristi, Pr.

Omong kosong, kalau kita bicara soal kehadiran Tuhan tetapi hati kita tidak terbuka untuk mendengar suara-Nya dan merasakan kehadiran-Nya.


Dalam pengajaran kali ini ada 3 poin utama, yaitu (1) Mengenai Adven; (2) Kedatangan Yesus Kristus; (3) Jalan-jalan kecil menuju kekudusan. Adven berasal dari Bahasa Latin, dari kata Adventus yang artinya kedatangan.


Romo mengutip dari Katekismus Gereja Katolik, 524: “Dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam persiapan yang lama menjelang kedatangan pertama Penebus dan membaharui di dalamnya kerinduan akan kedatangan-Nya yang kedua (Bdk. Why22:17). Dengan merayakan kelahiran dan mati syahid sang perintis, Gereja menyatukan diri dengan kerinduannya: “Ia harus makin besar dan aku harus makin kecil” (Yoh. 3:30).


Masa Adven berkaitan dengan permenungan akan kedatangan Kristus, yakni: Dulu adalah kedatangan Kristus pertama ke dunia; Sekarang adalah kehadiran-Nya di tengah Gereja. Ia tidak pernah meninggalkan Gereja-Nya dan selalu hadir di tengah-tengah umat-Nya; Yang akan datang adalah penantian akan kedatangan-Nya kembali di akhir zaman. Jadi keistimewaan masa Adven adalah permenungan akan kedatangan Kristus.


Masa Adven adalah masa persiapan. Persiapan yang terbaik adalah dengan lebih sering menerima Sakramen Ekaristi dan juga menerima Sakramen Tobat. Masa ini juga adalah momen yang tepat untuk terus bertekun dalam doa-doa pribadi dan membaca Kitab Suci.


Nah, setelah mendengarkan pengajaran dari Romo Kristi, mari kita mengisi masa Adven ini dengan semakin bertekun dalam doa pribadi, Sakramen Ekaristi, Sakramen Tobat dan membaca Kitab Suci. Selamat mempersiapkan kedatangan Kristus. Sampai bertemu di kelas Krismapedia bulan depan. Catat ya, Kelas Krismapedia diadakan setiap sabtu ke-empat tiap bulan. Mari kita meluangkan waktu kita dengan kegiatan yang positif, menambah pengetahuan dan juga iman.


Penulis : Agnes - DC Jakarta (Caritas)

Editor : Tasia - DC Jakarta (Salve Regina)



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua